20120613

Langkah Awal Membuat Topik Skripsi/Tesis

Ada 3 pertimbangan yg perlu diperhatikan pada saat memilih / menentukan topik tesis, yaitu:
1. minat, 
2. kompetensi dan
3. peluang pengembangan karir. 

Pertimbangan pertama adalah minat, artinya :
tanyakan ke diri sendiri sebenarnya bidang / topik IT apa yang menjadi minat anda, hanya anda yang tahu jawabnya. 

Pertimbangan kedua adalah kompetensi, kemampuan bidang IT apa yang paling excellent yang sudah anda miliki atau kuasai. Ketika minat dan kompetensi anda konvergen ke dalam satu bidang/topik  IT, maka tidak perlu ragu ambilah topik tesis tersebut. 

Pertimbangan ketiga adalah peluang pengembangan karir, maksudnya apakah keahlian yang akan anda peroleh selama mengerjakan tesis akan membantu mempercepat atau mempermudah pencapaian karir atau cita-cita (profesi) anda setelah lulus kuliah S-2.
Pertanyaan berikutnya biasanya …. 
Bagaimana mendapatkan daftar topik tesis yang bisa saya pilih ? …. 
sebenarnya sangat mudah mendapatkan alternatif topik2 tesis. 

Cara pertama, tanyakan kepada kakak angkatan anda yang sudah (sedang) mengerjakan tesis atau yang sudah lulus “topik tesis apa yang menurut mereka layak/menarik untuk di teliti ?” saya yakin mereka akan memberikan jawaban minimal 3 topik tesis, yaitu: 
satu topik tesis lanjutan dari tesis yang sedang / sudah diselesaikan, 
satu topik tesis yang pernah dia pilih tapi tidak dilanjutkan untuk diselesaikan, dan 
satu topik tesis yang sebenarnya ingin dia lakukan tapi tidak pernah dikerjakan karena tesisnya sudah hampir selesai …., 

Cara kedua, datangi dosen anda dan tanyakan apakah beliau punya topik2 penelitian tesis, saya percaya setiap dosen yang memberi kuliah anda mempunyai minimal 5 topik tesis yang siap ditawarkan.  

Cara ketiga, datangi perusahaan-perusahaan yang menjadi idaman anda untuk bekerja disana setelah lulus kuliah S-2. 

Cara keempat baca-baca laporan tesis yang sudah selesai, pilih topik yang menarik dan baca bagian akhir dari laporan tesis tersebut … disana ada bagian saran … nah disitu biasanya disebutkan penelitian apa yang perlu/disarankan untuk dilanjutkan. 

Cara kelima baca-baca jurnal-jurnal penelitian/ilmiah di bidang yang anda minati, disana akan terdapat topik-topik penelitian yang sedang dikerjakan maupun yang direkomendasi untuk diteliti. 

Cara keenam jaman sudah era informasi, manfaatkan dunk..... jangan FBan melulu...wkwkwk.... 

Cara ketujuh pergi ke suatu tempat yang dapat menimbulkan inspirasi-inspirasi yang bermakna....

Cara  kedelapan, kesembilan, kesepuluh dan seterusnya adalah anda segera melakukan ke-tujuh cara yang sudah saya sebutkan diatas atau melakukan cara lain yang belum saya tuliskan …….

kalau dengan semua cara tersebut anda belum juga mendapatkan daftar topik yang menarik anda, mungkin anda perlu mempertimbangkan untuk men-drop kuliah metoda penelitian semester ini … ha ha ha …

Selamat mencoba ……………..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar